Menuai Inspirasi dari SEAEP 2018

 

      Komunitas Muda Menginspirasi sukses mengadakan kegiatan South East Asia Exchange Program  2018 (SEAEP 2018) yang berlangsung pada tanggal 8 – 12 Januari 2018. Setelah sebelumnya sukses mengadakan kegiatan serupa pada tahun 2017. Tema SEAEP tahun ini adalah ‘The Role of Youth Students for Sustainable Development in the Age of Millenia’. Negara yang menjadi tujuan untuk tahun ini adalah Malaysia dan Thailand. Jumlah delegasi yang terlibat sebanyak 19 mahasiswa beserta 1 dosen pembina, mahasiswa tersebut berasal dari kampus yang tersebar di seluruh Indonesia antara lain UGM, Insitut Pertanian Bogor, Universitas Muslim Indonesia, UIN Sunan Kalijaga, Institut Dakwah Islam Darullughah Wadda’wah, Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

        Kegiatan di hari pertama adalah studi ekskursi dengan mengunjungi beberapa tempat di Kuala Lumpur, antara lain Kota Putrajaya sebagai pusat pemerintahan Malaysia, Menara Petronas, Dataran Merdeka serta Petaling Street. Hari kedua dimulai dengan studi ekskursi ke Batu Caves dan dilanjutkan ke KBRI Kuala Lumpur. Di KBRI Kuala Lumpur delegasi ditemui langsung oleh Atase bidang Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Bapak Erwinsyah,SH.LLM. Dalam pertemuan tersebut diadakan diskusi tentang pembangunan berkelanjutan yang dilakukan oleh Malaysia serta Indonesia. Kegiatan di KBRI ditutup dengan tanya jawab dan penyerahan kenang – kenangan. Selanjutnya delegasi SEAEP melakukan kunjungan ke Universiti of Malaya, kunjungan tersebut tak hanya sekadar kunjungan tapi merupakan inti acara. Kegiatan di UM berlangsung di Muzium Seni Asia dan langsung diterima dengan hangat oleh Bapak Abd Aziz Rashid selaku direktur Muzium Seni Azia beserta perangkat dan sejumlah mahasiswa. Dalam kunjungan ke Universiti of Malaya delegasi melakukan Focus Group Discussion dengan Mahasiswa UM terkait dengan tema sustainable goals. Kemudian berlanjut di puncak acara,   delegasi unjuk kebolehan dalam sesi cultural exibithion dengan menampilkan berbagai budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tak hanya cultural exibithion, delegasi dan mahasiswa UM juga saling sharing budaya Indonesia – Malaysia. Hal yang menarik karena dalam interaksi tersebut baik delegasi dan mahasiswa UM mendapatkan pengetahuan mengenai kondisi negara Indonesia dan Malaysia baik budaya, sosial, hingga politik. Malamnya delegasi menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur untuk menuju Bangkok.

IMG_3017
Kunjungan Ke KBRI Kuala Lumpur
DSCF5080
Berfoto di depan icon Universiti Malaya
IMG_3026
Penampilan Budaya di Universiti Malaya

     Hari ketiga, sesampainya di Bangkok sesi pertama delegasi mengunjungi KBRI Bangkok. Dalam kunjungan ke KBRI tersebut tujuan utamanya adalah diskusi dan silaturahmi. Delegasi ditemui langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Thailand Bapak Ahmad Rusdi beserta Atase bidang Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Yunardi. Pembahasan utama dalam diskusi adalah terkait pembangunan yang berkelanjutan dari sudut pandang Thailand dan yang dilakukan di Indonesia. Tak hanya sebatas menerima ceramah dari Bapak Yunardi saja, namun delegasi juga aktif tanya jawab. Setelah dari KBRI, delegasi langsung menuju Universitas Chulalongkorn untuk kunjungan kampus. Universitas Chulalongkorn merupakan salah satu universitas terbaik dan tertua di Thailand serta merupakan salah satu universitas terbaik di Asia Tenggara. Di Universitas Chulalongkorn delegasi mengunjungi Fakultas Seni Murni dan Terapan. Dalam kunjungan kampus tersebut dipandu oleh Wakil Dekan Fakultas Seni Murni dan Terapan. Hal yang menarik adalah saat kunjungan tersebut dapat melihat kondisi perkuliaahan serta kehidupan mahasiswa di kampus. Tentunya banyak hal yang berbeda dengan kondisi di Indonesia. Contohnya adalah perkuliahan yang menggunakan seragam layaknya sekolah, kemudian kondisi infrastruktur perkuliahan yang memadai seperti perpustakaan yang sangat memadai dari hal koleksi maupun kenyamanannya. Tak hanya itu jika dilihat perkuliahan di Chulalongkorn para mahasiswanya aktif di kelas seperti tanya jawab atau sekadar diskusi. Selain itu hal yang menarik adalah kondisi kantin kampus yang luas, bersih dan tersedianya berbagai macam stan makanan minuman. Kegiatan selanjutnya adalah berkeliling Bangkok dan mengunjungi beberapa lokasi untuk studi ekskursi dan berwisata seperti halnya Khaosan Road tempat backpacker berkumpul untuk berbelanja maupun menginap, kemudian Wat Arun dan Wat Pho yaitu candi peninggalan sejarah.

IMG_0221
Campus Visit ke Universiti Chulalongkorn

           Banyak hal yang inspiratif dari kedua negara tersebut, yang digaris bawahi adalah perencanaan pembangunan yang terencana. Jika pembangunan terencana dengan baik  maka akan berdampak berkelanjutan baik 1 tahun 2 tahun maupun 10 tahun.  Seperti halnya kedua negara tersebut dalam hal pariwisata, Thailand dan Malaysia merupakan Negara yang masuk 10 besar kunjungan turis terbesar di dunia. Menurut data, Thailand meraup 35 Juta wisatawan dan Malaysia 25 Juta wisatawan. Hal tersebut juga didukung oleh infrastruktur dan mental masyarakatnya untuk menjaga lingkungan. Jika berkunjung ke Kuala Lumpur maupun Bangkok, sebagai Ibukota terlihat lalu lintas yang padat namun tidak semacet Jakarta. Kemudian dari segi kebersihan lingkungan yang bisa diacungi jempol, selain itu didukung infrastruktur transportasi yang memadai. Jalan Raya? Luas dan bersih, MRT?ada, LRT?tersedia, Bus Kota? Banyak dan teratur, Kereta? Ada juga. Bandara? Luas dan bersih. Kemudian  hal simpel yang dapat kita contoh dan terapkan  di kehidupan sehari – hari adalah menjaga kebersihan lingkungan serta mau  untuk lebih tertib. Toh, kalau bersih dan tertib orang di sekitarmu akan nyaman kan?

Ahmad Syahrial Semendawai

Muda Menginspirasi 5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s