Peringati Hari Air dengan Gerakan 100 Biopori

 

Pada tanggal 25 Maret 2018 Komunitas Muda Menginspirasi memperingati kegiatan hari air sedunia dengan tema solusi air berbasis alam. Wujud nyata yang dilakukan dengan bentuk gerakan 100 biopori. Gerakan 100 biopori tersebut dilaksanakan di Desa Banaran, Kecamatan Sendangadi, Sleman DIY. Kegiatan dimulai pada pukul 7 pagi dengan sambutan dari ketua Komunitas Muda Menginspirasi, Aqua, FKWA dan beberapa siswa siswa SMA Muhammadiyah Pakem.  Kemudian kegiatan selanjutnya adalah penandatanganan deklarasi peduli air dan lingkungan oleh masyarakat desa beserta anggota Komunitas Muda Menginspirasi. Pada pukul 9 pagi dimulai kegiatan pembuatan 100 biopori hingga pukul 12 siang. Acara ditutup dengan makan bersama.

Tujuan pembuatan biopori dalam masyarakat didasari manfaatdari lubang biopori yaitu mengurangi debit air yang masuk ke selokan dan mengurangi debit banjir
, selain itu Jika dalam lubang biopori dimasukkan sampah organik yang pembusukannya dengan air hujan, akan menghasilkan gas yang baik untuk ozon selain itu juga dapat digunakan untuk menghasilkan kompos organik yang dapat menyuburkan tanah. Manfaat lain adalah dengan melawan intrusi air laut ke dalam tanah jika diterapkan untuk masyarakat yang bermukim di sekitar daerah pantai.
Yuk bikin biopori di rumah, kontrakan atau lahan kosong di sekitarmu untuk keberlanjutan lingkungan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s