Peringati Hari Kesehatan dengan Donor Darah dan Sosialisasi Kesehatan

 

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 April 2018, divisi kesehatan Komunitas Muda Menginspirasi memperingatinya dengan mengadakan rangkaian acara yang kami sebut sebagai “Healthy Weeks”. Adapun dua rangkaian acara besar dalam pekan kesehatan tersebut yaitu Donor Darah dan Cek Kesehatan serta Sosialisasi Kesehatan. Donor Darah  dilaksanakan pada tanggal 7 April 2018 secara gratis di Kelurahan Terban, Yogyakarta. Pada acara tersebut Divisi Kesehatan Komunitas Muda Menginspirasi bekerjasama dengan PMI Kota Yogyakarta dan Volunteer Dokter DIY (Vol-D). Rangkaian acaranya diawali dengan senam pagi yang disambut antusias warga kelurahan tersebut, dilanjutkan dengan pemeriksaaan kesehatan secara gratis untuk warga sekitar yang ditangani langsung oleh Volunteer Dokter DIY, serta donor darah yang diikuti oleh masyarakat dari Kelurahan Terban dan luar Kelurahan Terban dan ditangani langsung oleh petugas PMI Kota Yogyakarta.

Sedangkan kegiatan Sosialisasi Kesehatan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2018 di SMK Piri 1 Yogyakarta. Kegiatan sosialisasi kesehatan ini mengangkat tema “Bright Your Future Without Drugs”. Materi yang disampaikan pada sosialisasi kali ini yaitu penyalahgunaan narkotika, definisi narkotika itu sendiri, sejarahnya, dampak dan efek buruk penggunaan narkotika, serta peran narkotika di kalangan remaja. Sosialisasi mengenai narkotika ini diisi langsung oleh ibu Adhika Pertiwi S.sos dari divisi Pencegahan dan Pemberdayaan masyarakat (P2M) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY. Penyampaian materi disertai video edukasi oleh pemateri membuat siswa tenang dalam menyimak dan para siswa sangat antusias dalam menjawab pertanyaan sewaktu sesi tanya jawab.

Selain dua acara besar tersebut, Komunitas Muda Menginspirasi pun melakukan campaign di media sosial terkait peringatan Hari Kesehatan Sedunia. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut kami lakukan untuk mengingatkan, menyadarkan dan merangkul masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Mengingat betapa pentingnya manfaat dari donor darah dan cek kesehatan secara berkala, karena hakikatnya mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Melalui Kegiatan Sosialisasi ini diharapkan generasi muda khususnya pelajar mengerti apakah itu narkoba. Dengan mengenal narkoba dan berbagai macam bahaya serta dampak negatifnya yang menghancurkan masa depan, diharapkan pelajar mengerti dan menjadi lebih waspada sehingga tidak mudah terpengaruh dan tidak terjerumus untuk menggunakan narkoba yang sangat merugikan. Serta harapan kedepan kasus-kasus narkotika di indonesia terutama pada remaja sudah tidak ada lagi. Mari wujudkan Indonesia sehat tanpa narkoba.

.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s