Peringati Hari Bumi dengan Bersepeda dan Berbagi Totebag

Sejak tahun 1970, setiap tanggal 22 April masyarakat dunia memperingati Hari Bumi. Peringatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup. Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson memulai gerakan akar rumput ini sebagai bentuk keresahannya atas pencemaran polusi udara, pestisida, dan bahan-bahan kimia yang mencemari lingkungan.
Nelson beranggapan bahwa gerakan akar rumput ini diperlukan secara massif untuk mampu mengguncang status quo yang ada dan memasukkan isu lingkungan menjadi agenda nasional. Di tahun 1969 ia engemukakan gerakan ini secaraterbuka dan melakukan kampanye di berbagai kota dan negara bagian di Amerika. Hingga kemudian di tahun 1990 terbentuk Earth Day Network sebagai organisasi yang mengkoordinir perayaan Hari Bumi. Hingga kemudian di tahun 2009 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendaulat tanggal 22 April sebagai Internasional Mother Earth Day.


Pada tahun ini, peringatan Hari Bumi mengankat tema “End Plastic Pollution”. Tema ini dipilih sebagai bentuk kekhawatiran atas polusi akibat plastic. Sekitar 300 juta ton plastic diperdagangkan setiap tahunnya secara global. 90% diantaranya dibuang begitu saja setelah digunakan. Padahal kita ketahui bersama jika sampah plastic tidak bisa terurai dengan cepat. Sebagian besar plastik akan bertahan selama ratusan hingga ribuan tahun sehingga mencemari tanah, perairan, bahkan tubuh mahluk hidup.
Sebagai bentuk partisipasi terhadap isu lingkungan tersebut komunitas Muda Menginspirasi (MuMi) memperingati Hari Bumi dengan melakukan kampanye lingkungan (22/4).

Kampanye ini dilakukan melalui kegiatan Fun Bike dan bagi-bagi Tote Bag pada pengunjung Malioboro, Benteng Vradeburg dan Alun-alun Utara Yogyakarta.
Fun Bike sendiri dimulai dari Gelanggang Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menuju Tugu Pal Putih. Kemudian dilanjutkan melintas di Jalan Malioboro dan Berakhir di Parkir Benteng Vradeburg. Selanjutnya tim MuMi dan Volunteer melanjutkan kegiatan dengan membagikan Tote Bag pada pengunjung sembari menjelaskan tentang pentingnya mengurangi penggunaan plastik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s