Rayakan Hari pohon dan guru (Harpogur), Tim MuMi Ajak Murid SD Negeri Kwagon Menanam Pohon

1544432625389

Sleman–  Senin (24/11) Tim Muda Menginspirasi menghelat acara bertajuk hari pohon dan guru (Harpogur) di SD Negeri Kwagon, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, DIY. Sebanyak 40 siswa yang terdiri dari kelas tiga dan empat turut antusias mengikuti acara

Peringatan hari pohon dan guru ini dimanfaatkan oleh tim MuMi untuk memberi pembelajaran kepada anak-anak mengenai pentingnya menjaga lingkungan, kesehatan, dan bagaimana menghargai dan menghormati guru. Mengusung Tema “One Fun Day Celebrating Tree Day and Teacher Day”, peringatan Harpogur di SD Negeri Kwagon diisi dengan beberapa rangkaian acara. Diantaranya penanaman pohon bersama, simulasi cuci tangan dan membuat karya untuk guru.

Gerakan menanam pohon ini menjadi salah satu langkah Tim MuMi untuk mengedukasi anak-anak tentang masalah lingkungan. Tujuannya untuk mengajak adik-adik agar mau dan punya keinginan untuk menanam pohon, mampu merawatnya dengan baik, dan tumbuh rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan. Gerakan semacam ini memang perlu dan harus sering diadakan, mengingat sekarang, masyarakat banyak yang acuh terhadap kondisi alam dan lingkungan sekitar mereka. Dengan mengajak anak-anak untuk ikut andil dan berpartisipasi dalam kegiatan menanam pohon, harapannya mereka dapat menjadi generasi yang bisa menghargai dan mencintai lingkungan.

Selain pada masalah lingkungan, Harpogur  juga berusaha memberi edukasi kepada anak tentang bagaimana menjaga kesehatan melalui hal-hal kecil yang mungkin dianggap sepele. Sangat sering kita jumpai anak-anak sehabis bermain, dengan kondisi tangan kotor enggan untuk mencuci tangan. Hal yang kemudian dikhawatirkan dan sering terjadi, anak memegang dan memakan sesuatu menggunakan tangannya. Bisa kita bayangkan seberapa banyak bakteri yang masuk ke dalam tubuh?

Hal ini yang kemudian menjadi perhatian tim MuMi untuk melakukan sosialisasi mencuci tangan. Tujuannya untuk  memberi edukasi kepada anak-anak bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar, juga tentang pentingnya menjaga kebersihan diri.

Pada sesi terakhir, ada satu hal yang menarik dalam acara Harpogur yang dihelat MuMi kali ini. Pada sesi ini,  anak-anak diminta untuk menulis apapun tentang guru, baik dalam bentuk puisi, cerita, maupun surat. Dengan antusias anak-anak menulis dan menggambarkan apa yang ingin mereka ungkapkan di atas kertas warna-warni.

Sebelum penutupan acara, anak-anak diberi waktu untuk membacakan apa yang telah mereka tulis. Tanpa dipaksa, beberapa anak dengan semangat unjuk keberanian menunjukkan hasil tulisannya di hadapan teman-temannya.

1544432582846

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s